[Training of Trainers] 17-19 Mei 2013

Hi Peacemaker!

Ada apa di 17, 18 dan 19 Mei 2013 kemarin?
Yep, selain kita merayakan IDAHOT (International Day Againts Homophobia and Transphobia), di hari yang sama Young Queer Faith and Sexuality Camp juga mengadakan Training of Trainer di Yogyakarta. Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk membekali Panitia dan Peer Fasilitator dalam mengembangkan kemampuan dalam memfasilitasi, melakukan dinamika kelompok, komunikasi, kepemimpinan, konseling serta pembahasan mengenai modul yang akan digunakan dalam 2nd Young Queer Faith and Sexuality Camp.

Siang hari, sebelum memulai acara Training of Peer Fasilitator, kami mengikuti perayaan IDAHOT 2013 yang berlangsung di Alun-alun Kidul, Yogyakarta bersama teman-teman komunitas yang fokus dengan isu Hak Asasi Manusia dan Seksualitas. Acara IDAHOT di Yogyakarta sangat meriah meskipun kami semua masih memikirkan keamanan dari acara tersebut dari oknum-oknum yang kurang menghargai keberagaman.
Pada malam hari kami kembali ke penginapan untuk melanjutkan rangkaian acara Training of Peer Fasilitator. Di awali dengan penjelasan singkat mengenai 2nd Young Queer Faith and Sexuality Camp dan pembahasan mengenai alur kemah kepada semua yang hadir ditraining tersebut. Acara kemah akan berlangsung pada bulan September selama delapan hari dan berlokasi di Lokasi disalah satu tempat yang seru di Yogyakarta dengan tema acara “Dialogkan Tubuhmu, Ciptakan Sejarahmu”.

Diacara kemah September nanti, ada tiga jenis materi yang akan disampaikan yakni pengembangan wawasan dan kesadaran kritis; isu kelompok; dan pengembangan kemampuan. Acara ini akan dihadiri oleh puluhan peserta, dimana peserta tersebut nantinya akan selalu didampingi oleh para Peer Fasilitator. Ada lima Peer Fasilitator yang telah lulus seleksi dan akhirnya dapat mengikuti Training of Peer Fasilitator, mereka adalah Adiningtyas Prima, Rahmat Sah Saragih, Rendi Hariwijaya, Rizky Ashar, dan Royyan Firdaus. Kelima Peer Fasilitator ini berasal dari berbagai kota di Indonesia. Dalam waktu tiga hari, Peer Fasilitator dilatih bagaimana menjadi Peer Fasilitator yang baik dan dapat menjadi pendamping bagi para peserta. Karena para Peer Fasilitator ini sudah berpengalaman menjadi Fasilitator dan mendampingi peserta-peserta pelatihan. Maka acara Training of Peer Fasilitator ini berlansung dengan lancar, santai dan penuh hiburan.

Seperti kemah tahun lalu, 2nd Young Queer Faith and Sexuality Camp akan dikemas dengan berbagai macam permainan-permainan. Dimana dalam setiap permainan akan ada makna dari tiap sesi belajar. Jadi belajarnya di sini tidak melulu diam mendengarkan ceramah tapi juga dengan melakukan permainan. Acara ini terbuka untuk umum, asalkan usianya masih dalam kategori muda. Sebelum mengikuti kemah, para peserta akan mengikuti diskusi online. Hal ini dilakukan agar peserta tersebut mendapat gambaran tentang informasi apa yang akan mereka dapatkan di bulan September nanti.

Dan ini beberapa photo saat pelaksaan Training of Trainer kemarin,

This slideshow requires JavaScript.

Jadi, tunggu informasi-informasi berikutnya dari kami ya..

 
 
psssttt., trus stay tune! karena dalam beberapa pekan lagi akan ada pembukaan peserta 2nd Young Queer Faith and Sexuality Camp!!!
Advertisements
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s